Sabtu, 19 November 2011

Pengertian Geografi

Geografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu geo yang berarti bumi dan grafi (graphien) yang berarti pencitraan atau pelukisan. Jadi, dari segi bahasa, geografi adalah ilmu pengetahuan yang menggambarkan keadaan bumi.
Pendapat para ahli:
1. Ullman (1954) dalam bukunya Geography, a Spatial Interaction yang mengemukakan Geografi adalah interaksi antarruang.
2. Alexander (1958) mengemukakan bahwa geografi merupakan studi tentang pengaruh lingkungan alam pada aktivitas manusia.
3. Hartshorne (1960) merumuskan bahwa geografi berkepentingan untuk memberikan deskripsi yang teliti, beraturan, dan rasional tentang sifat variabel dari permukaan bumi.
4. Yeates (1963) mengartikan geografi sebagai suatu ilmu yang memerhatikan perkembangan rasional dan lokasi dari berbagai sifat yang beraneka ragam di permukaan bumi.
5. Paul Claval (1976) mengemukakan geografi selalu ingin menjelaskan gejala-gejala dari segi hubungan keruangan.
6. Prof. Bintarto (1977) sebagai tokoh geografi indonesia dalam bukunya Penuntun Geografi Sosial mendefinisikan bahwa geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mencitrakan, menerangkan sifat-sifat bumi,menganalisis gejala-gejala alam dan penduduk, serta mempelajari corak yang khas mengenai kehidupan dan berusaha mencari fungsi dari unsur-unsur bumi dalam ruang dan waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar