Jumat, 09 Desember 2011

Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

1. Kontak Sosial
Kata kontak berasal dari "con" atau "cum" yang artinya bersama-sama dan kata "tsango" yang artinya menyentuh. Jadi secara harfiah kontak berarti saling menyentuh. Dalam kehidupan sehari-hari wujud kontak sosial dapat dibedakan menjadi:
a. Kontak antarindividu
b. Kontak antarkelompok
c. Kontak antar individu dengan kelompok

Kontak sosial memiliki sifat-sifat berikut.
1. Kontak sosial dapat bersifat positif atau negatif. Kontak sosial positif mengarah pada suatu kerja sama, sedangkan kontak sosial negatif mengarah pada suatu pertentangan atau konflik.
2. Kontak sosial dapat bersifat primer atau sekunder. Kontak sosial primer terjadi apabila para peserta interaksi bertemu muka secara langsung, misal penjual dan pembeli di pasar. Sementara, kontak sekunder terjadi apabila interaksi berlangsung melalui suatu perantara. Misal, percakapan melalui telepon. Kontak sekunder dibagi menjadi 2, yaitu...
A. Kontak sekunder langsung. Misal, saat ketua RW mengundang ketua RT datang ke rumahnya melalui telepon.
B. Kontak sekunder tidak langsung. Misal, saat ketua RW menyuruh sekretarisnya menyampaikan pesan kepada ketua RT agar datang ke rumahnya.
2. Komunikasi
Kata komunikasi berasal dari bahasa latin, "communicare" yang artinya memberi atau menanamkan. Kata communicare berakar dari kata "communis" yang artinya umum. Komunikasi dapat diartikan suatu cara menyampaikan pesan dari satu pihak ke pihak yang lain sehingga terjadi pengertian bersama. Hal terpenting dalam komunikasi yaitu adanya kegiatan saling menafsirkan perilaku (pembicaraan, gerakan fisik, atau sikap) dan perasaan-perasaan yang disampaikan.
Ada 5 unsur pokok dalam komunikasi, yaitu:
1. Communicator atau pengirim adalah orang yang menyampaikan pesan, perasaan atau pikiran kepada pihak lain.
2. Communicant atau penerima adalah orang yang dikirimi pesan, pikiran, atau perasaan.
3. Pesan adalah sesuatu yang disampaikan oleh komunikator, yang merupakan isi atau informasi.
4. Media adalah alat untuk menyampaikan pesan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar